Situs Social Network (Jejaring Sosial) merupakan
situs pertemanan komunitas online dimana kita bisa mengetahui kegemaran /
kegiatan teman kita dengan dia mengupdate status nya dan bisa berkomentar
dengan apa yang mereka kerjakan.
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang
terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan
jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka
yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh
profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang
dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang
diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide,
teman, keturunan, dll.
Sebuah jasa jaringan sosial di Internet akan
memfokuskan dari untuk membangun komunitas (manusia) secara online untuk
berbagai kesukaan, hobby, dan aktifitas. Kebanyakan jasa jaringan sosial
berbasis Web dan memberikan berbagai cara untuk pengguna berinteraksi, mulai
dari e-mail hingga Internet Messaging.
Jaringan sosial telah membuat cara baru yang
sangat dahsyat untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Situs jaringan sosial
digunakan oleh jutaan manusia.Tipe utama jasa jaringan sosial biasanya berupa
daftar / direktori yang berbasis pada kategori, misalnya, alumni sebuah
sekolah, atau teman sekelas, sebagai cara untuk tetap berhubungan antar teman,
atau sebuah sistem rekomendasi yang dihubungkan berdasarkan kepercayaan
(trust).
Metoda yang populer menggabungkan ke dua tipe
jaringan ini. Jaringan sosial yang banyak digunakan di Amerika Serikat adalah
MySpace dan Facebook. Di Eropa lebih banyak digunakan MySpace, Facebook dan
Hi5. Sementara di Amerika Selatan dan Amerika Tengah lebih banyak menggunakan
Orkut dan Hi4. Di Asia dan Pasifik lebih banyak menggunakan Friendster, Orkut
dan Cyworld.
Sekarang ini semakin banyak para peneliti dan
akademisi yang mulai mempelajari jaringan sosial, seperti, Facebook, terutama
untuk melihat dampak yang akan terjadi pada masyarakat. Beberapa isu yang
banyak di teliti adalah,
- Kepribadian
- Privasi
- Kapital sosial.
- Penggunaan untuk remaja.
Situs Social Network (Jejaring Sosial) yang tumbuh
berkembang seperti Friendster, Facebook, MySpace, Twitter, Nexopia, Orkut,
dol2day, dll. Situs-situs Social Network (Jejaring Sosial) tersebut mempunyai
jutaan mamber dan visitor. Berdasarkan sumber comScore Media Metrix, di Asia
Friendster memiliki lebih dari 32 juta unique visitor, MySpace.com memiliki
lebih dari 15 juta unique visitor, dan Facebook memiliki lebih dari 14 juta
unique visitor per bulannya. Pada Facebook, pada tahun 2007, terdapat
penambahan 200 ribu account baru perharinya. Lebih dari 25 juta user aktif
menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar
19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.
Begitu besarnya jumlah member dan visitor yang
terdapat pada Situs Social Network (Jejaring Sosial) dapat dilihat sebagai
potensi pasar yang dapat dimanfaatkan sebagai media atau sarana pemasaran.
6)Situs Social Network (Jejaring Sosial) sebagai media atau sarana pemasaran
dikenal istilah online cost per click (CPC), cost per M-impression (CPM) atau
cost per action (CPA) untuk menentukan pilihan tarif iklan.
Dominasi social networks dalam merangkul penggunanya
mengalami peningkatan signifikan, facebook dan twitter menjadi jejaring sosial
yang paling banyak diminati, tentu saja nama-nama lain seperti tagged, myspace
bahkan friendster layak ditempatkan diurutan terdepan. Disebabkan sifat dan
karakteristik facebook dan twitter yang terlampau umum dan biasa, dapat
menerima pendaftarnya secara universal, maka dari itu hadirlah beberapa
jejaring sosial yang penggunanya memiliki karakter tertentu, menyangkut hobi,
kegiatan, kreatifitas, keahlian, tampilan fisik bahkan golongan tertentu.
Gagasan yang beragam dari masing-masing pendiri
jejaring sosial ini, mampu meningkatkan kemajuan komunitasnya yang bisa dilihat
dari semakin bertambahnya anggota yang bergabung. Dengan wadah seperti inilah
tujuan, karakter gaya hidup dan ide tersalurkan secara tepat sasaran
walau
jejaring sosial ini terkesan aneh, konyol bahkan dianggap gila dan
diskriminatif, tapi itulah suatu keunikan yang membedakannya dengan social
networks biasa.
Social Networking atau Jaringan Sosial merupakan
konsep pengembangan yang bisa dimanfaatkan didalam dunia pendidikan. Social
networking diaplikasikan kedalam bentuk situs jejaring sosial. Selain berguna
untuk menjalin silaturrahim juga berguna untuk menunjang didalam meningkatkan
efektifitas belajar. Bentuk social networking ini dapat dikembangkan dengan
cara membentuk komunitas berupa kelompok belajar dan diskusi sesuai dengan
minat dan bidang orang-orang yang terlibat didalamnya.
Situs social networking atau dengan istilah lainnya
situs jejaring sosial terus melakukan pengembangan. Kita bisa memanfaatkan
situs jejaring sosial seperti facebook (http://www.facebook.com), My Space (http://www.
myspace.com), Friendster (http://friendster.com), Library Thing (http://www. librarything.com).Situs-situs
ini bisa dimanfaatkan bukan hanya untuk berinteraksi dengan teman, tetapi lebih
dari itu dapat dimanfaatkan sebagai tempat berdiskusi kelompok belajar, tugas,
ataupun berbagi informasi terbaru.
Bentuk-bentuk pembelajaran yang bisa dimanfaatkan
menggunakan situs jejaring sosial ini seperti:
- Membuatkan grup yang dengan yang membahas satu bidang misalnya sistem informasi.
- Membuat batasan grup secara umum ataupun hanya terbatas daerah, sekolah ataupun terbatas pelajaran tertentu saja
- Membuat kelompok kecil yang terdiri dari belasan orang yang hanya menerima anggota setelah disetujui.
- Mengirimkan pesan ke seluruh anggota dan meminta tanggapan.
Potensi-potensi yang terdapat disitus jejaring sosial
inilah dapat meningkatkan proses pembelajaran secara digital. Selain potensi
positif, juga terdapat bahaya untuk privasi atau area pribadi karena
masing-masing pengguna mempublikasikan profil mereka secara terbuka. Untuk
mengantisipasinya bisa dengan mengatur setting dan mempertimbangkan mana yang harus
ditampilkan ke publik dan mana hanya untuk pribadi.
Sejarah Social Network (Jejaring Sosial)
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya
dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial
melalui komunikasi antar komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada
tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan
SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model
berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah
berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring
sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup
Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999
dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan
siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan.
Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial
MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook,
pesaing yang tumbuh dengan cepat.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi
internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada
bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli
Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs
jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Layanan Social Network (Jejaring Sosial)
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang
menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi
seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi
grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat
biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi
teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan
seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.
Macam-Macam Komunitas
Kehadiran Facebook yang begitu fenomenal telah
menghadirkan dan meninggalkan berbagai cerita baik positif maupun negatif. Di
beberapa group ada yang mendiskreditkan Islam dan dalam kasus ini, kita tidak
bisa berbuat banyak karena tidak bisa berperan sebagai admin / eksekutor.
Karenanya, munculah beragam situs jejaring sosial
khusus bagi muslim yang dimulai dengan kehadiran Muxlim.com, terus MillatFacebook (MFB) dan setelah itu berbagai
situs sejenis bermunculan seperti joinMuslims.com (JM), Facelim.com (FL)
Nahnumuslim.com (NM), PencerahanHati.com (PH), Cybermuslim.com,
Salingsapa.com, JoinMuslims.com dan sebagainya.
Beberapa Komunitas Social Networks Teraneh Berkarakter
Unik
- Ravelry disebut “Ravelers” cenderung menjadi pengrajin dan designer, baik itu penenun dsb.
- REMcloud menawarkan forum untuk postingan tentang potongan mimpi yang kita alami semalam dan dapat melihat mimpi yang serupa dari anggota lain pada timelinenya
- Lost Zombies memiliki tujuan unik yaitu untuk menciptakan sebuah komunitas yang dihasilkan film zombie.
- MyFreeImplants dimana para wanita yang ingin memperindah payudara mengharapkan lelaki dermawan yang akan menanggung biaya operasi.
- WeeWorld adalah komunitas berbasis avatar secara eksklusif untuk remaja.
- VampireFreaks digunakan untuk mengirim foto dan review industri musik, seiring perkembangannya tumbuh menjadi komunitas subkultur.
- RedKaraoke anda dapat posting video, melihat pertunjukkan dari anggota lain dan tentunya secara nyaman dapat berkaraoke di ruang tamu anda.
- Myrl ebagai “platform hiburan lintas dunia, membawa pengguna dunia virtual bersama.”
- Fubar dikhususkan pagi pengguna 18 tahun keatas, anggota dapat mengirimkan minuman virtual kepada pengguna lain dan akan mendapatkan “fuBucks” sebagai mata uang virtual situs ini.
- CafeMom adalah situs di mana para ibu dapat posting foto, bermain game, blog, membahas topik yang berbeda, membuat kelompok dukungan dan persahabatan.
E. Dampak-dampak dari Social Network (Jejaring
Sosial)
suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul
(yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau
lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Jenis-jenis social network :
1. Jejaring Sosial melalui Internet
Contoh : Friendster,Facebook,Blogger dll
2. Jejaring Sosial melalui komunitas Dunia Nyata
Contoh : komunitas fotografi,Klub Mobil, Organisasi
atau Institusi dll
Awal mula social network di internet :
1. Dampak positif
- Media silaturahmi antar teman lama, teman baru dan keluarga.
- Media diskusi dan pertukaran informasi.
- Media iklan baik gratis maupun iklan berbayar yang telah disediakan.
- Media kampanye bagi mereka yang ingin menjadi pemimpin.
- Sarana membangun komunitas kelompok tertentu.
- Melatih berkomunikasi dan mengeluarkan pendapat.
- Bisa mempercepat globalisasi dengan cara saling berhubungan antara negara yang satu dengan yang lain.
2. Dampak negative
- Mengurangi kinerja karena karyawan perusahaan, dosen dan mahasiswa yang bermain Internet pada saat sedang bekerja, pasti mengurangi waktu kerja.
- Berkurangnya perhatian terhadap keluarga, ini terjadi karena orang tua semakin sedikit waktunya dengan anak-anak dan keluarga mereka.
- Tergantikannya kehidupan sosial karena sebagian orang merasa cukup dengan berinteraksi lewat Internet sehingga mengurangi frekuensi bertemu muka.
- Batasan ranah pribadi dan sosial yang menjadi kabur, karena kita bebas menuliskan apa saja, sering kali tanpa sadar kita menuliskan hal yang seharusnya tidak disampaikan ke lingkup sosial.
- Tersebarnya data penting yang tidak semestinya, seringkali pengguna Internet tidak menyadari beberapa data penting yang tidak semestinya ditampilkan secara terbuka.
- Pornografi, sebagaimana situs jejaring sosial lainnya tentu ada saja yang memanfaatkan situs semacam ini untuk kegiatan berbau pornografi.
- Kesalahpahaman, seperti kasus pemecatan seorang karyawan gara-gara menulis yg tidak semestinya di Internet, juga terjadi penuntutan ke meja pengadilan gara-gara kesalahpahaman di Internet.
- Mempermudah jaringan kriminalitas dan degradasi budaya asli.
http://andimardianto.wordpress.com/2011/12/15/sosial-network/
1 komentar:
Thanks sobat untuk artikelnya. sangat membantu sy dlm menyelesaikan proposal akhir saya..
Posting Komentar